Blog

18 Okt
0

TENAGA PENDAMPING PENINGKATAN KAPASITAS KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH (TP PK2UKM) KOTA BANDAR LAMPUNG

URAIAN TUGAS TP PK2UKM

1. Melakukan verifikasi awal terhadap Rencana Usaha Koperasi dan UMKM dengan dokumen administrasi sebagai berikut:

a. Mengidentifikasi permasalahan peserta Pelatihan yang akan didampingi.

b. Menyusun rencana kerja pelaksanaan Pendampingan kepada peserta pasca Pelatihan.

c. Memberikan bimbingan, konsultasi advokasi dan pendataan database peserta pasca Pelatihan.

d. Melakukan evaluasi serta melaporkan hasil pelaksanaan tugas secara berkala kepada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung melalui Koordinator Pendamping.

2. Bersama dengan Koordinator Pendamping PK2UKM Kota Bandar Lampung melakukan perencanaan dan pembekalan pengetahuan tentang pengembangan kepada pelaku Koperasi dan UMKM.

3. Melaksanakan pertemuan reguler/berkala dengan pelaku usaha dan koperasi untuk:

a. Memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah Koperasi dan UMKM.

b. Mendampingi perkembangan usaha Koperasi dan UMKM.

c. Menyusun laporan pelaksanaan pendampingan Koperasi dan UMKM.

4. Bersama dengan Koordinator Pendamping PK2UKM Kota Bandar Lampung melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pendampingan Koperasi dan UMKM tentang perkembangan usaha.

5. Membantu Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung, selaku Sekretariat Tim Pembina UMKM Kota Bandar Lampung dalam melaksanakan kegiatan pelatihan PK2UKM.

TAHAPAN KEGIATAN

Dalam rangka penumbuhan dan pengembangan Koperasi dan UMKM sebagaimana dimaksud dalam uraian tugas TP PK2UKM maka tahapan kegiatan yang dilakukan yaitu:

1. Mengidentifikasi Peluang Usaha

a. Mengidentifikasi dan memverifikasi peluang usaha yang dapat dilakukan oleh Koperasi dan UMKM.

b. Mengidentifikasi dan menganalisa kegiatan usaha Koperasi dan UMKM yang telah berkembang untuk dijadikan Koperasi dan UMKM model di Kota Bandar Lampung.

2. Mempersiapkan SDM Pengelola Koperasi dan UMKM Binaan

a. Mengidentifikasi kebutuhan pembekalan teknis tentang usaha, pengelolaan keuangan, organisasi dan manajemen.

b. Menyusun rencana dan melaksanakan pembekalan teknis tentang usaha, pengelolaan keuangan, organisasi dan manajemen.

3. Memfasilitasi kerjasama antara Koperasi dan UMKM Binaan dengan pemangku kepentingan

a. Mendorong kemitraan antara koperasi dan UMKM Binaan dengan perbankan dan atau lembaga keuangan lainnya untuk membantu permodalan Koperasi dan UMKM seperti KUR, Dana Bergulir dan sebagainya.

b. Mendorong kemitraan antara Koperasi dan UMKM Binaan dengan mitra usaha seperti memfasilitasi kerjasama pemasaran produk UMKM Binaan dengan Swalayan, Toserba dan/atau Mini Market.

c. Membantu Koperasi dan UMKM Binaan untuk mendapatkan fasilitasi dasar hukum/legalitas seperti PIRT, IUMK, Halal dan sebagainya.

REALISASI KEGIATAN TP PK2UKM

Selama menjalankan tugas dari awal tahun 2020 hingga tulisan ini diterbitkan, TP PK2UKM telah melaksanakan kegiatan sebagai berikut:

1. Melakukan pendataan UMKM di Kota Bandar Lampung.

2. Mengidentifikasi masalah calon peserta Pelatihan yang akan dilaksanakan.

2. Membantu pelaksanaan kegiatan Pelatihan Perkoperasian bagi Pelaku Koperasi di Kota Bandar Lampung dan Pelatihan Perkopian bagi pelaku usaha di Kota Bandar Lampung.

3. Follow up peserta pasca Pelatihan yang diikuti baik Koperasi maupun UMKM.

4. Membantu akses permodalan dengan memfasilitasi UMKM untuk bekerjasama dengan perbankan guna mendapatkan KUR berbunga rendah.

5. Memfasilitasi UMKM dalam rangka memperluas pasar dengan bekerjasama kepada Swalayan, Toserba dan/atau Minimarket.

Dari beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan di atas, TP PK2UKM telah melakukan kunjungan berkala ke beberapa Koperasi, UMKM, Lembaga Keuangan (perbankan) dan Swalayan/Toserba/Minimarket. Diantaranya ialah:

1. Koperasi

Koperasi yang telah kami kunjungi yakni Koperasi Mulia Agro Hasanah, KSPPS BMT Alhikmah, Koperasi Ras Jaya, Koperasi Dramaga Agri Lestari, Kopwan Paramita, KPN Melati, Koperasi Gaspool, Kopkar Tunas Baru, Kopkar Mitra Sejahtera, dan Koperasi Pilar Utama.

2. UMKM

UMKM yang telah kami kunjungi yakni Tria Kopi Lampung, Tutik Brownies, Dapur Aqillalifka, Ghanias Cake, Ngopi yay, Dapur Sulis, Kopi Ireng Unila, Bibik Kueh, Kopi Nona Manis, Kebab Pisang, Mrbobcorner/segoreng, Amanah Barokah, Assyafa Batik Tulis, Warung Nongkrong Adian, Kopi Intan Lampung, Ibu Hj. Ninik, Pempek Palembang lovina, Pempek Tipey, Sop Buah Pisang Keju, Pisang Keju A1 dan Mie Ayam bertelur/Es Dawet Ayu Nunung.

Kamipun telah melakukan penyuluhan pembentukan koperasi bersama Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) kepada 2 Kelompok usaha yakni kelmpok usaha produksi Jamu gendong di Kelurahan Palapa dan Kelompok Usaha Kampung Belajar D’Lima di Kelurahan Labuhan Ratu Raya.

3. Lembaga lainnya

Lembaga lainnya yang telah kami kunjung yakni BRI KCU Tanjung Karang, Manajemen Toko Surya dan Manajemen Chandra Swalayan.

Selengkapnya
17 Okt
0

HARI KOPERASI NASIONAL KE-73 DAN HARI UMKM NASIONAL KE-5

Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung turut memeriahkan Hari Koperasi Nasional Ke-73 dan Hari UMKM Nasional Ke-5 dengan memberikan 1300 masker gratis untuk dibagikan kepada masyarakat Kota Bandar Lampung, pembagian masker gratis berpusat di tugu adipura Kota Bandar Lampung dari tanggal 13-15 juli 2020

Selain pembagian masker gratis, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung juga mengadakan Bazar UKM yang diisi oleh 30 UKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung Drs. Girendra, MM didampingi Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung Mutiah M.Aliun, SE, MM mengatakan pembagian 1300 masker gratis ini dilakukan dalam rangka turut mencegah terjadinya penularan pandemi covid-19 di Kota Bandar Lampung, sedangkan bazar UKM dilakukan untuk meningkatkan pendapatan para pelaku UKM dan untuk mendorong UKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung untuk terus berinovasi di tengah pandemik covid-19 ini. Pelaksanaan Harkopnas ke-73 dan UMKM ke-5 ini juga turut didukung oleh Koperasi dan UKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung dengan memberikan karangan bunga ucapan selamat.

#koperasikeren #ukmnaik kelas

 

Selengkapnya
15 Okt
0

UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA UNTUK KOPERASI DAN UKM

Selengkapnya
14 Okt
0

Perpanjangan Waktu Pendataan Program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro

Tahap pertama realisasi Banpres Produktif untuk Usaha Mikro telah mencapai hampir 100 persen dengan total dana yang disalurkan Rp. 21 triliun atau setara dengan 99, 41 persen hingga 6 oktober 2020. Program ini diberikan kepada pelaku Usaha Mikro untuk menjalankan usahanya ditengah krisis akibat pandemi Covid-19 dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pemerintah menargetkan 3 juta pelaku usaha mikro untuk penyaluran Banpres tahap kedua sampai dengan akhir tahun 2020, yang diharapkan program ini bisa menjangkau 12 juta pelaku usaha mikro. Bantuan hibah sebesar 2,4 juta diberikan kepada pelaku usaha mikro untuk menambah permodalan  yang akan ditransfer melalui rekening atas nama masing-masing penerima.

Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung, merespon hal ini dengan sigap dan langsung membuat posko khusus di halaman kantor Pemerintah Kota Bandar Lampung. Khusus kota Bandar Lampung pendataan program bantuan bagi pelaku usaha mikro dibuka dari tanggal 12 Oktober – 27 November 2020.

Bagi masyarakat yang mempunyai usaha mikro yang ingin mengajukan Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro bisa datang ke halaman kantor Pemerintah Kota Bandar Lampung dengan membawa :

  1. Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan masing – masing (Fotokopi)
  2. KTP (Fotokopi)
  3. KK (Fotokopi)
  4. Buku Tabungan BNI/BRI (Fotokopi)
  5. Foto Usaha
  6. Formulir pendaftaran

Masyarakat yang bisa mendapatkan BPUM merupakan warga negara indonesia yang bukan ASN, TNI/POLRI serta pegawai BUMN/BUMD dan tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR. Semoga dengan bantuan ini usaha masyarakat dapat terbantu dan tetap berjalan selama pandemi ini.

 

 

Selengkapnya
123